1561900738863Wiper atau penyeka kaca pada mobil merupakan komponen penting untuk menjaga visibilitas ketika berkendara, terutama saat musim hujan. Kemampuan wiper dalam menyeka air yang menempel pada kaca tergantung dari bagaimana kondisi dan perawatan komponen tersebut.

Berikut ini cara-cara agar wiper mobil tetap prima:
1. Menjaga Elastisitas Karet Wiper
Selain terdiri dari rangka besi, wiper juga memiliki bagian yang terbuat dari material karet. Bagian inilah yang memiliki fungsi untuk menghalau air hujan menutupi kaca mobil. Supaya bagian itu tetap terjaga, hindari memarkir mobil di tempat yang sangat panas. Panasnya matahari akan diserap oleh kaca mobil dan berdampak pada karet wiper. Jika mobil terus-terusan terkena panas, karet tersebut pun akan semakin cepat mengering dan pecah.

2. Berhati-hati Saat Mencuci Wiper
Saat mencuci mobil, bagian wiper pun biasanya tak terlewatkan untuk dibersihkan. Hati-hati saat membilas bagian karetnya, sebab pada permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung serta pelembap.
Cara mencuci dan merawat wiper yang benar adalah, jangan bilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. Cukup siram dengan air bersih saja dan jangan lap permukaan karetnya. Biarkan air mengering sendiri dengan menegakkan wiper setelah dicuci.

#TipsOtomotif
#JayaLBMMku

BAGAIMANA CARA MERAWAT WIPER MOBIL AGAR TETAP PRIMA? PART 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *