Kenapa Ban Perlu diisi Nitrogen?

Ban adalah salah satu komponen kendaran yang paling penting.apapun jenis kendaraanya baik itu sepeda motor , mobil dan kendaraan mobilitas lainya tekanan gas (angin) dalam ban juga perlu diperhatikan agar kinerja (grip/daya cakram) ban terhadap jalan aspal tetep terjaga optimal , stabil dan umur pakai ban menjadi lebih panjang. Metode pengisian itu ada 2 cara yaitu pengisian dengan udara (angin) ada juga yang menggunakan gas nitrogen untuk ban (N2).

Jika melihat dari sudut pandang keuntungan menggunakan Nitrogen sebagai pengisi ban maka ada banyak yang bisa anda lihat dibawah ini , Untuk harga pengisian nitrogen untuk setiap ban lumayan cukup mahal dibandingkan dengan menggunakan pingisian angin/udara.  Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa penggunaan pengisian nitrogen pada ban membuat ban kendaraan menjadi lebih empuk, malah ada yang bilang juga bisa membuat hemat bahan bakar. Penggunaan gas nitrogen sebagai pengisian ban dikarenakan Partikal gas nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan oksigen (O2) maka N2 dapat mencegah terjadinya kebocoran (rembesan) yang menyebabkan berkurangnya tekanan gas pada ban kendaraan .

Pengertian Nitrogen

Nitrogen atau zat lemas adalah unsur kimia dalam table periodik, yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Biasanya ditemukan dengan wujud sebagai gas tanpa warna , tanpa bau , tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil , sangat sulit bereaksi dengan unsur senyawa lainnya . Nitrogen di namakan sebagai zat lemas karena zat ini berfisat malas , tidak aktif bereaksi dengan unsur lainya . Nitrogen mengisi 8,08% atmosfer bumi dan juga terdapat dalam banyak jaringan hidup.

Keuntungan Menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban :

  1. Tekanan ban lebih terjaga tahan lama (maksudnya adalah menjadi jarang melakukan pengisian ulang)
  2. Daya cakram dan kinerja pada ban menjadi lebih optimal akibat grip yang baik , dan tekanan yang tidak berkurang
  3. Menghemat BBM ( karena meringankan kerja mesin)
  4. Meningkatkan keselamatan ,dikarenakan memiliki tekanan ban yang tepat dan stabilitas yang terjaga
  5. Memperpanjang umur pakai Ban kendaraaan , karena tekanan ban yang tepat , menjadikan ban habis secara merata.
  6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban sehingga memperpanjang umur elastisitas karet ban kendaraan.
  7. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban dan juga mengurangi kecelakaan akibat pecah ban /overpressure.

Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban :

  1. Harga Pengisian yang terbilang masih mahal
    Untuk pengisian ban dengan nitrogen N2 umumnya di patok dengan harga sekitar 10 ribu sampai 20 ribuan untuk setiap ban kendaraan. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena memang harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian di isi gas N2 . Untuk biaya kuras kurang lebih harganya sekitar 5 ribu sampai dengan 10 ribu rupiah.
  2. Perawatan
    Untuk perawatan sendiri sangat mudah yaitu setiap kali ban sudah terisi dengan gas N2 maka langkah selanjutnya jika tekanan berkurang maka tinggal menambah dengan Gas N2 lagi .
  3. Ketersediaan.
    Untuk ketersediaan pengisian gas nitrogen untuk ban kendaraan masih belum begitu banyak bengkel yang menyediakannya. Berikut ini ada beberapa info untuk cara melakukan nitrogen:

Cara Melakukan Pengisian Nitrogen

  1. Anda bisa menguras angin pada ban kendaraan disertai dengan melepas pentil.
  2. Setelah dirasa sudah terbuang semuanya maka langkah selanjutnya yaitu mengisi N2 80 % hingga 85 %  dari tekanan idealnya , Sebagai contoh misalnya Ban profil tipis jika seharusnya diisi dengan 40 Psi untuk penggunaanya gas nitrogen maka cukup diisi 31-34 Psi.
  3. Kemudian langkah selanjutnya anda buang kembali seperti langkah 1 (buang nitrogen) dan isi kembali (pentil keadaan belum terpasang) tujuannya adalah agar saat pengisian asupan kedua murni alias benar benar dari N2
  4. Anda pasang tutup pentil, dan lanjutkan dengan melakukan pengisian ban dengan batas yang ideal , jangan terlalu berlebih atau berkurang.

Catatan 

Apabila tekanan gas nitrogen N2 sudah mulai berkurang dan saat di jalan tidak menemukan bengkel yang menyediakan pengisian N2 maka kita dapat menambahkan dengan gas/angin ban  yang mudah untuk ditemui dijalan sebagai langkah darurat dan alternatif.  Namun apabila anda sudah dapat menemukan kembali bengkel yang menyediakan jasa pengisian gas nitrogen ban maka sebaiknya ban dikuras ulang dan isi kembali seperti yang saya jelaskan diatas.

Sumber : http://www.modifikasi.co.id/2604/kelebihan-dan-kelemahan-ban-yang-diisi-dengan-gas-nitrogen/

 


 

 

SERVICE MURAH DAN BERKUALITAS?

LBMM SERVICE JAWABAN YANG ANDA CARI

Jika kendaraan anda mengalami penurunan performa, sering rewel atau mungkin mogok secara tiba-tiba di jalanan, LBMM adalah solusinya. Tersedia layanan service dan call service dengan beragam pilihan paket servis yang tentunya ditangani oleh mekanik handal dan terpercaya LBMM! Percayakan kendaraan anda pada LBMM.

MOTOR SEHAT PERJALANAN SELAMAT!!!

ikuti juga nedia sosial LBMM untuk informasi otomotif di

LINE        : LBMM ITS (@yap4196o)

TWITTER     : @its_lbmm

FACEBOOK    : Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin ITS

INSTAGRAM : lbmmits


 

 

Kendaraan sering mogok di waktu yang gak tepat? Atau mogok di sekitar ITS dan gak tau harus apa? Jangan khawatir, LBMM hadir sebagai sahabat dari kendaraan anda yang kini menyediakan layanan service dan call service. LBMM menyediakan beragam paket service, mau tau info lebih lanjut terkait LBMM? Butuh tips-tips dan artikel seputar otomotif? Yuk ikuti terus
website : lbmm.me.its.ac.id
instagram : instagram.com/lbmmits
twitter : twitter.com/@its_lbmm
line : @yap4196o (LBMM ITS)
terima kasih


 

 

MOBIL ANTI LAPAR??

Teknologi di dunia industri mengalami perkembangan pesat khususnya dalam industri permobilan. Berbagai inovasi dihadirkan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, hingga menciptakan pengendaraan yang lebih berkualitas. Dulunya, tidak dapat terpikirkan bahwa mobil dapat berkomunikasi baik dengan antar mobil maupun dengan gedung misalnya. Namun, sekarang semua sudah terwujud, bahkan hingga ke teknologi yang kadang membuat kita terheran. Semua teknologi ini tentunya membuat mobil semakin bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungannya.

Teknologi telematika pada kendaraan terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setelah diciptakan pendeteksi kelelahan, kini telah dikembangkan sebuah fitur revolusioner yang akan mendeteksi kondisi pengemudi apabila dalam keadaan lapar. Infiniti memperkenalkan teknologi pertama di dunia tersebut yang tidak hanya memberi peringatan saat perut lapar tetapi juga menuntun pengemudi menuju restoran terdekat. Infiniti merupakan perusahaan otomotif asal Jepang yang merupakan divisi mewah dari Nissan Motor Co., Ltd.. Fitur tersebut dinamakan Gastronomi.

Tujuan diciptakannya fitur ini sudah jelas, bahwa fitur ini akan membantu mengurangi resiko insiden yang membahayakan akibat perut kosong. Seperti yang kita tahu, berkendara dengan perut kosong akan mengundang banyak resiko berbahaya. Perut kosong membuat kita lebih susah untuk berkonsentrasi. Perut kosong dapat menyebabkan lambung memproduksi asam dalam jumlah yang berlebihan sehingga akan menurunkan kadar gula dalam darah dan membuat iritasi lambung sehingga merangsang refleks mual bahkan dapat berefek muntah (Motion Sickness). Selain itu, berkendara saat perut kosong ditambah lelah akan membuat emosi mudah terpancing Namun, harus diingat pula jangan sampai mengonsumsi makanan yang berlebihan seperti makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi. Setidaknya minum teh hangat atau susu sebagai pengganti makanan agar tubuh tetap fit.

Gastronomi meliputi fitur-fitur terkini seperti Active Noise Control (ANC), Connectivity, dan Forest Air Climate Control (FACC). Active Noise Control (ANC) adalah pengendalian bising aktif  yang digunakan untuk mengendalikan suara bising dengan cara membangkitkan sinyal bising yang sama (sinyal bising sekunder) tapi dengan fase yang berbeda 180 derajat dari sinyal bising yang hendak dikendalikan (sinyal bising primer). Prinsip pengendalian bising ANC dianggap sangat menjanjikan di kemudian hari. Hal ini dikarenakan oleh beberapa alasan, yaitu ringan dan hanya memerlukan peralatan elektronik yang relative kompak, mudah dipasang pada tempat-tempat yang relative sempit, dan kinerja pengendalian dapat diubah atau diatur sesuai kebutuhan. ANC terdiri dari sensor suara yang terletak diatap pengemudi untuk mendeteksi suara di dalam tubuh pengemudi seperti pada saat perut pengemudi keroncongan. Bila volumenya terdengar, maka display symbol pisau dan garpu akan muncul melalui layar informasi Connectivity yang juga telah dilengkapi sistem navigasi milik Michelin Red Guide. Michelin Red Guide adalah buku panduan hotel dan restoran yang bersampul merah.

Sedangkan Forest Air Climate Control (FACC) terdiri dari Forest Air Infiniti dan Automatic Climate Control. Forest Air Infiniti menciptakan nuansa relaksasi dan nyaman sepanjang perjalanan. Ada 3 faktor penyebab suasana rileks tersebut, yaitu semilir udara, aroma yang menenangkan, dan kontrol kelembaban udara. Semilir udara diciptakan oleh fluktasi aliran udara dari kisi AC di depan dan atas dasbor. Sementara aroma khas dihasilkan oleh aroma diffuser. Misalnya aroma bau kapur yang memberi efek menenangkan dan meningkatkan konsentrasi. Udara AC memiliki sifat kering dan mengurangi kelembaban kabin tapi jika terlalu lembab akan menimbulkan embun di kaca. Untuk itu tingkat kelembaban udara perlu dijaga dengan menggunakan sensor yang diasang di kaca depan yang biasa disebut teknologi Plasmacluster. Automatic Climate Control digunakan untuk mengatur AC berdasarkan suhu yang diinginkan. Sensor panas diletakkan di beberapa titik supaya AC dapat mengatur tingkat dingin embusan udara yang keluar via kisi AC. Kisi AC disebar  untuk memudakan distribusi udara sejuk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Forest Air Climate Control (FACC) berguna dalam menggantikan udara kotor dan berbau dengan mengembuskan udara segar ke dalam kabin. Fitur Gastronomi juga memiliki mide Fitness yang akan mengkalkusikan bobot ideal pengemudi berdasarkan memori pada tempat duduk.

 

Sumber : http://rifmasites.blogspot.co.id/2011/10/mobil-anti-lapar-pertama-di-dunia-dari.html


 

REM KARBON VS REM BAJA? APA BEDANYA?

Brosis rem yang dipake di motor MotoGP beda dari motor lainnya, rem ini dibuat langsung sama dua perusahaan rem yang terkenal bradsis, yaitu Brembo dan Nissin. Khusus untuk MotoGP, tersedia dua jenis cakram. Untuk trek kering mereka pakai cakram dari bahan karbon, sedangkan untuk trek basah mereka pake cakram dari bahan baja.

 

Cakram karbon bener-bener bakal bekerja dengan maksimal kalo udah nyampe suhu tertentu brosis. Inilah pentingnya warm up lap. Namanya juga warm up alias pemanasan, gunanya untuk manasin ban dan juga rem karbon tadi. Makanya kalo setelah para pembalap selesai warm up lap dan balik lagi ke grid, mereka suka ngerem-ngerem mendadak pake rem depannya. Ini dilakuin untuk ngejaga performa dari si rem, jadi para pembalap bisa ngerem dengan pede untuk berebut posisi di tikungan pertama.


Rem Karbon vs Rem BajaSedangkan rem baja (stainless steel) kebalikannya dari rem karbon tadi. Kalo rem karbon di suhu ekstrem performanya makin sip, rem cakram malah menurun performanya. Makanya rem baja dipake di saat kondisi trek lagi basah, karena rem karbon gak bisa berfungsi dengan maksimal kalo kena air.

Selain dari waktu penggunaannya, bobot keduanya pun juga berbeda brosis. Rem karbon beratnya gak sampe 1 kg, cuma sekitar 750-800 gram aja. Sedangkan rem baja, beratnya bisa sampe 1,2 kg atau 1,6 kg. Keliatannya mungkin gak seberapa berat bedanya, tapi di MotoGP perbedaan setengah kilo pun ngasih dampak yang cukup signifikan bradsis.

Semoga bermanfaat infonya


 

CARA MEMBUAT KUNCI PENGAMAN PADA MOTOR KESAYANGAN ANDA

Cara Membuat Kunci Pengaman Pada Sepeda Motor- Pencurian sepeda motor akhir-akhir ini memang kerap terjadi. Berbagai moduspun dilakukan untuk mengelabuhi si pemilik kendaraan. Sebagai pemilik kendaraan kita dituntut meningkatkan kewaspadaan. Hanya dengan menggunakan kunci setang tidaklah cukup untuk menjamin kendaraan anda aman dari pencurian. Untuk itu diperlukan sebuah pengaman khusus untuk mencegah tindakan pencurian pada sepeda motor.

 

Sebenarnya pengaman sepeda motor banyak dijual dipasaran. Namun harga yang terlalu tinggi membuat calon pembeli berfikir dua kali untuk membelinya. Jika anda ingin menjaga kendaraan anda dari tangan para pencuri tanpa mengeluarkan uang yang banyak berikut ini saya berikan caranya. Cara membuat pengaman kunci pengaman sepeda motor ini mudah untuk dilakukan. Pada dasarnya cara ini hanya memutus dan menghubungkan aliran listrik dari CDI menuju coil pengapian. Jadi jika kunci pengaman tidak diaktifkan maka busi tidak memercikan bunga api sehingga mesin tidak hidup. Okelah tidak usah bicara panjang lebar berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1. Siapkan terlebih dahulu bahan bahan untuk membuat kunci pengaman sepeda motor. Bahan-bahan tersebut meliputi relay 6 atau 8 kaki, kabel, saklar , solder dan timah
2. Rangkailah semua bahan tersebut sesuai gambar berikut ini.

 

3. Terminal B dan C pada gambar adalah terminal 85 dan 86 pada relay. Sedangkan terminal D dan E adalah terminal 30 dan 87 pada relay.
4. Pada saklar A anda bisa menggunakan lampu sein (reting) ataupun klakson. Saklar ini adalah saklar utama jadi jika saklar ini belum diaktifkan maka sepeda motor anda tidak bisa dihidupkan.
5. Letakanlah saklar H ditempat yang paling rahasia. Saklar H tersebut hanya berfungsi sebagai by pass ketika kunci pengaman tidak berfungsi.

Cara kerja dari rangkaian kunci pengaman sepeda motor tersebut sebagai berikut. Ketika kunci kontak on, maka arus listrik mengalir ke terminal D saja. Baru ketika saklar A (sein/klakson/sesuai keinginan anda) diaktifkan arus listrik akan mengalir ke kumparan relay (B) sehingga terjadi kemagnetan. Kemagnetan tersebut akan menghubungkan terminal D dan E sehingga meskipun saklar A dimatikan arus listrik akan tetap mengalir ke kumparan relay. Pada saat itu juga terminal F dan G terhubung sehingga aliran listrik dari CDI akan diteruskan ke coil pengapian.


 

HINDARI KORSLET ENGINE CONTROL UNIT (ECU) MOBIL

 

Pada saat musim hujan dan terjadi banjir di ruas – ruas jalan di Jakarta, seringkali para pemilik mobil memaksakan diri untuk menerjang banjir agar bisa segera sampai ke tujuan, tanpa memperhitungkan resiko yang berpotensi merusak mesin mobil. Komponen mesin mobil yang sangat rentan terkena air saat menerjang banjir adalah Engine Control Unit (ECU).

ECU merupakan ” Otak ” dari mesin mobil, bertugas me-manage mesin secara keseluruhan, baik itu mengatur pasokan bahan bakar , udara , pengapian dll. Dampak kerusakan komponen mobil seperti ECU bisa menguras kantong cukup dalam. Berikut ini tips dari Bengkel Mobil yang bisa diterapkan untuk meminimalisir kerusakan Jika mobil anda sudah terlanjur terjebak ditengah banjir

Jika mobil terkena banjir, sebaiknya mobil langsung ditarik atau didorong ke tempat yang kering. Selanjutnya ketahui posisi ECU, Jika memang posisi ECU sudah dimasuki air, lepas komponen komputer tersebut, lalu keringkan dan bersihkan dengan cairan Trichloroethylene. Hal tersebut untuk mencegah konsleting pada mobil. Sebagai contoh, posisi ECU Toyota Fortuner, Innova, Avanza dan Rush ada di dalam kabin. Sedangkan Toyota Altis, Vios dan Yaris terdapar di ruang mesin. Ketinggian posisi ECU juga bervariasi antara 40-80 cm.

Untuk mengetahui apakah ECU sudah kemasukan air atau belum bisa dikenali dari ciri berikut ini, yaitu dimana mobil masih mau menyala, akan tetapi setelah 2-3 hari, saat distarter kembali mulai terasa susah. Pasca terendam banjir sebaiknya mesin mobil jangan langsung dinyalakan karena sangat berbahaya, berpotensi terjadi konslet pada Engine Control Unit ( ECU ) yang mengakibatkan mobil terbakar.

Bentuk pencegahan lain yang bisa diambil adalah menghindari melewati genangan air seperti banjir dengan kecepatan tinggi, untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya cipratan. Bila memungkinkan, buatlah pelindung engine control unit (ECU). terutama di bagian soket, agar lebih tahan bila terkena air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *